Kamis, 28 Februari 2013

Tugas Kampus

UNJ


       Universitas yang dahulu kerap disapa IKIP JAKARTA (Ilmu Keguruan dan Ilmu pendidikan Jakarta) telah bermetamorfosa menjadi Universitas yang berlatar belakang Pendidikan ternama di Indonesia khususnya wilayah Jakarta. yaa, itulah UNJ atau yang biasa kita sebut dengan Universitas Negeri Jakarta. mungkin orang dulunya hanya mengenal IKIP Negeri seperti ayah saya pernah katakan ke saya. Namun, saat ini UNJ bukan hanya dikenal sebagai Univertas yang banyak meluluskan para calon pengajar tapi juga dengan seiring berjalannya waktu UNJ sudah dapat meluluskan para calon sarjana non-kependidikan. 



         UNJ bukan hanya sekadar kampus biasa, tapi juga banyak hal yang dapat kita ambil dari kampus tertua di Jakarta. Sejarah tak akan pernah lekang oleh waktu. mungkin ini yang menjadikan saya pribadi menjadi tertegun dan tertarik akan keindahan sisa-sisa sejarah yang masih tersimpan rapih di dalam sebuah  gedung-gedung tua ini.  Sedikit membagi kisah dan cerita kenapa saya sangat ingin menjadi mahasiswa di UNJ. ada banyak hal yang membuat minat saya untuk menjadikan UNJ sebagai salah satu tujuan hidup saya untuk meraih cita-cita. 

1. UNJ merupakan salah satu Universitas Tertua di Indonesia.
Apa hubunganya Universitas tertua dengan cita-cita saya?. Nah begini, Jadi UNJ ini saya ibaratkan sebagai    seorang sesepuh tua di sebuah desa yang sangat dihormati warga sekitarnya karena telah banyak membantu untuk mensejahterahkan desa tersebut. Ketika kita melihat seseorang yang lebih tua, mereka pasti memiliki pengalaman yang lebih dari kita yang masih muda. sama halnya dengan UNJ. Meskipun Universitas ini sudah berusia puluhan tahun, namun pengalaman yang sudah dibuktikan ketika Indonesia memiliki krisis tenaga pengajar pun merupakan sebuah bukti nyata bahwa UNJ (yang dahulunya IKIP) mempunyai kredebilitas tinggi terhadap para lulusannya. Apalagi didukung oleh dosen-dosen yang handal dalam bidangnya dan sudah pasti ketika kita menjadi Mahasiswa UNJ akan selalu mendapat wejangan (nasehat) baik dari apa yang mereka ajarkan di kelas.  dengan banyaknya pengalaman, otomatis orang-orang disekitar pun tau bahwa UNJ merupakan Universitas yang melahirkan bibit-bibit tenaga pengajar muda yang berkualitas dan pastinya dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat sekitar ketika kita mencari pekerjaan khususnya.

2. UNJ itu Welcome
Apa sih yang bikin UNJ itu Unik? sebelum saya menajdi mahasiswa UNJ sekarang ini, saya dulu sempat   khawatir tentang suasana kampus. Yang saya bayangkan ketika itu adalah ketika kita sudah berada di lingkungan kampus pasti mahasiswanya individual dan jarang berkumpul atau malah tidak saling kenal. tapi    ketika saya menjadi mahasiswa UNJ, begitu saya kenal senior-senior di kampus dan teman-teman lainnya,    mereka semua menyambut dengan baik. malahan kita sudah seperti saudara kandung. ngelakuin hal-hal    yang aneh, kumpul bareng, bahkan mereka gak sungkan-sungkan buat berbagi cerita ke saya tentang    kondisi di perkuliahan. mereka semua welcome dengan kehadiran mahasiswa baru. 

3. Cita-cita dan Harapan Orang Tua

salah satu yang paling menguatkan niat saya untuk masuk ke UNJ ini yaitu karena dorongan dari cita-cita saya yang ingin menjadi guru besar dan orang tua pun mendukung akan hal itu. hal yang paling saya ingat sewaktu orang tua saya bilang, "dulu ayahmu ini kepingin banget masuk jadi mahasiswa di kampus ini (nunjuk UNJ)" sontan karena dulu orang tua saya tidak punya biaya untuk melanjutkan kuliah, alhasil saya pun benar-benar ingin mewujudkan harapan mereka dan akhirnya saya pun bisa menjadi mahasiswa UNJ yang mungkin menurut sebagian orang ini bukanlah prestasi yg cukup membanggakan. Tapi menurut saya inilah salah satu cara untuk dapat membahagiakan orang tua saya meskipun orang-orang disekitar selalu menyindir.

        Mungkin hanya dengan kata-kata sepertinya sulit untuk dijabarkan kenapa saya sangat ingin bisa masuk UNJ dulu. Tapi ketetapan Tuhan itu akan selalu baik. Saya hanya mengikuti takdir saya untuk menjadi lebih baik lagi dikemudian harinya. Dan ini ada salah satu dedikasi saya untuk terus bisa mengenang dan mengingat akan kampus hijau yang sedang bermatafosa menjadi kampus terbaik dari  yang paling baik di dunia nantinya. 

Ini hanya sedikit yg bisa saya kasih buat UNJ, salah satu short movies yg saya buat untuk Green Campus tercinta.

Check This Out guys ...
http://www.youtube.com/watch?v=EoYbYfnFqMs&feature=youtu.be

Nama: Arif Rachman
Fakultas: Bahasa dan Seni
Jurusan: Bahasa dan Sastra Inggris
Prodi: Pendidikan Bahasa Inggris 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar