Rabu, 27 Februari 2013

Topeng

Topeng adalah sebuah alat yang merefleksikan diri seseorang bagaimana nantinya. 
nah disini yg mau gw omongin yaitu Who am I?  *kaya judul film aja*, oke jadi sebelum gw mulai cerita tentang semuanya, gw akan menjelaskan sedikit tentang istilah dari Topeng itu sendiri. mungkin menurut kalian awal dari tulisan ini absurd *sama kaya hati gw* ...... #hening                                                                                                                                                     
                           
        oke okee back to the topic. topeng, ya mungkin kita sangat familiar dengan sebutan itu pasti kita langsung membayangkannya. kalo menurut kamus bahasa Indonesia topeng yaitu
1.penutup muka (dr kayu, kertas, dsb) yang menyerupai muka orang, binatang, dsb: 
2.kepura-puraan untuk menutupi maksud sebenarnya.

           bentuknya  yang terkadang juga abstrak, aneh, serem, lucu, semuanya ada dalam mimik yang biasa ditampilkannya. terus apa hubungannya sama yang tadi gw bicarain? #Flashback *who am I? 
oke jadi gini, ketika seseorang yang mengenakan topeng *biasanya dalam acara pentas seni & budaya* berada di atas panggung dengan menggunakan topeng itu, mereka pasti akan menampilkan sesuatu yang berbeda dari latar belakang dirinya. ngerti?

         kalo belom ngerti juga,. gw akan make perumpamaan seorang pesinetron. pasti tau kan kalo orang yg bekerja di dunia entertain khususnya yang biasa main dalam sinetron-sinetron seperti ftv, drama, dll, apakah mereka melakukan tindakan itu dengan natural? atau apakah adegan yang mereka lakukan sama dengan kepribadian mereka sehari-hari? enggak kan? 
nah sama halnya dengan Topeng itu tadi. dari jaman dahulu mungkin sebelum negara api menyerang, topeng digunakan untuk merepresantikan karakter atau tokoh-tokoh legenda, mitos, yang penggunanya itu akan melakukan hal-hal yang berbeda dari karakter si pemeran topeng tersebut. 




          jadi, topeng itu mungkin menjadi refleksi dari apa yang ada dalam diri gw saat ini. everyone just know me from the outside, from my cover but they don't know who really I am. terkadang gw berfikir apa yg gw lakuin ini sebenernya salah, but there is something that in my surrounding I can learn everything with that. I have a secret from what I have done. and that was my reason.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar